PREGNANCY : THE THIRD TRIMESTER

I do really like being pregnant. I love the feeling of this tiny human being growing inside of my belly, my husband will never say no to my request for a back massage/cook for a dinner/go somewhere/eat es teller (haha), having this strong connection with my baby and people are really nice to pregnant mother. But sometimes pregnancy can be unfun. I am feeling hungry all the time (is it me or my baby :D), I have trouble sleeping, I run out of breath quickly and my body just can’t keep up.

dsc_3139

Ah nggak kerasa kehamilanku udah memasuki minggu ke 29. Bersyukur banget karena kita bertiga sehat-sehat, terutama si little bebe. Alhamdulillah minggu lalu sempat dibuatin syukuran sederhana 7 bulan sama Bapak & Ibu mengiringi doa agar diberikan kesehatan dan kelancaran selalu hingga nanti little bebe siap lahir ke dunia. Amin.

Seneng deh memasuki trimester ketiga ini karena artinya semakin dekat dengan hari aku dan mas Adit bisa ketemu langsung sama si dia yang ditunggu-tunggu. Ini beberapa pengalaman kita memasuki trimester ketiga :

Baby Kicks

Selain dengerin detak jantung janin, yang ditunggu-tunggu pas hamil adalah ngerasain ada yang gerak-gerak di perut. Aku mulai ngerasain ada yang aktif di perutku sejak minggu ke 20. Biasanya kalau dia gerak akan aku respon dengan mengelus perut dan ajak ngobrol. Kalau sekarang malah bisa gantian saat aku mengelus perut dan ajak dia ngobrol akan dia respon dengan gerakan di perutku. Hihi lucu banget.

Inget banget tanggal 6 October malam, aku dan mas Adit lagi ajak ngobrol little bebe dan dia pertama kalinya pamer karate ke ayahnya. Kesenengan banget bapaknya dipamerin. Di awal-awal dia tidak langsung merespon kalau denger suara ayahnya, tapi lama-lama kalau dipanggil sama mas Adit sambil mengelus perutku akhirnya dia mau tendang-tendang. Udah mulai hafal suara ya nak.

Sekarang aku juga mulai rajin menghitung baby kikcs setiap hari. Kalau kata dokter untuk usia sekarang cukup dengan menghitung dalam jangka waktu 10 jam minimal ada 10 kali gerakan. Biasanya kalau udah lebih dari 10 kali gerakan dalam sehari tidak aku lanjutin hitungannya. Karena sudah hafal jam-jam dia gerak aktif di perutku jadi gampang ingetnya. Super gemessh!

Hypnobirthing Class

Selama hamil yang selalu kepikiran adalah kira-kira nanti gimana yah proses persalinanku. Suka agak takut ngebayangin rasa sakitnya, kira-kira aku sanggup nggak yah, sehat nggak yah nanti aku & bayiku dan macem-macem pikiran-pikiran lainnya. Aku agak malas bertanya ke teman yang pernah melahirkan karena takut nanti jawabannya malah membuat aku semakin parno. Jadinya aku coba cari info di internet tentang teknik mengatasai rasa sakit persalinan dan ketemulah si metode hypnobirthing.

Setelah membaca buku “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit”nya mba Evariny Andriana, aku tertarik untuk mencari info kelas hypnobirthing Ibu Lanny Kuswandi. Kebetulan temenku, Andien udah pernah ikut kelas ibu Lanny dan kelasnya menyenangkan. Di usia kehamilan minggu ke 24, aku dan mas Adit ikut Weekend Class Hypnobirthing di RSIA Kemang Medical Care.

Yang aku rasakan manfaat dari kelas Hypnobirthing ini adalah sugesti-sugesti positif yang ditanamkan agar kita semangat melewati kehamilan yang sehat hingga nanti proses kelahiran yang nyaman, alami dan menyenangkan. Selain itu juga diajarin teknik-teknik relaksasi agar kita siap menghadapi kontraksi/gelombang cinta dari janin. Aku suka dengerin CD relaksasi dari ibu Lanny di rumah, dengerin suaranya aja udah bikin kita ngerasa adem.

Ohiya minggu lalu aku beli gym ball/birthing ball. Dulu sering lihat di youtube banyak ibu-ibu hamil memakai gym ball ini tapi nggak ngerti apa fungsinya. Ternyata untuk kehamilan di atas 28 minggu, gym ball ini banyak manfaatnya. Cukup duduk di atas gym ball sambil goyang pelan kanan kiri setelah seharian beraktifitas aja rasanya nyaman bangeeeet. Ada juga beberapa teknik yang bisa dipakai untuk relaksasi menggunakan gym ball sekaligus melenturkan perinium dan otot-otot di bawah sana untuk persiapan persalinan.

Labour list & Baby shopping list

Akhirnya udah selesei bikin list keperluan ibu dan bayi. Sebenernya juga udah sempet iseng-iseng survei ke beberapa toko bayi. Tapi kayanya kita baru sempat belanja dalam minggu-minggu depan. Udah nanya tips & tricks ke kakak sepupu dan beberapa teman tentang daftar belanjaan jadi semoga udah sesuai dengan kebutuhan yah. Sebenernya udah gatel banget tiap liat online shop pengen klik klik aja, tapi kayanya kita pengen belanja ke toko bayi semacam yang ada di ITC biar kita bisa lihat langsung barangnya dan tentunya dengan harapan harga yang lebih bersahabat. Nantinya kalau ada yang kurang baru deh klik klik di Tokopedia, Blibli, Lazada, Orami, Babyzania, BabyEmpire atau Mothercare.

Baby Room

Pe er terbesar kita berdua sebelum tahun berganti adalah mempersiapkan kamar untuk kita dan little bebe. Karena dirasa kamar kita yang di bawah agak sempit kalau dihuni bertiga jadinya kita akan pindah ke kamar atas. Jeng jenggg … ngebayangin pindahannya aja udah capek duluan hahaha. Kayaknya ini akan jadi tugas utama ayahnya little bebe aja, ibunya cukup menyetujui dan duduk manis atur-atur nanti.

Pregnancy Weight

Setiap kali ngaca atau liat foto sendiri selalu ngerasa gendut banget. Ah biasalah perempuan. Kalau kata mas Adit sih ya iyalaah namanya juga hamil. Sebenernya pengennya sih berat badan nggak naik banyak, tapi apalah daya hingga 7 bulan ini aku udah naik sekitar 12 kg. Pokoknya yang penting aku dan bayi sehat deh yaaa.

Baby Playlist

Dari awal kehamilan aku berusaha untuk memperdengarkan musik yang bisa dinikmati aku dan janin. Indra pendengaran janin mulai terbentuk di usia 8 minggu dan akan sempurna di minggu ke -24. Banyak yang bilang kalau musik klasik bagus untuk perkembangan otak janin. Tapi sepertinya ada teknik tertentu deh untuk terapi musik ini. Kalau aku dengerin musik biar rileks jadi playlist yang aku pilih bermacam-macam mulai dari musik klasik, pop, akustik, jazz bahkan lagu-lagu yang lagi hits jaman sekarang. Tergantung mood saja. Sekarang lagi bikin playlist lagu cowok-cowok bersuara macho dan kece biar little bebe dari kicik udah punya referensi suara yang bagus. Maklum ayah ibunya pas pas an banget musikalitasnya hihihi.

Screening & USG 4D

Sabtu kemarin kita screening dan USG 4D di RSIA Kemang Medical Care dengan dr. Febriansyah Darus untuk melihat dan cek semua organ-organ hingga wajah little bebe. Sebenernya selama ini melalui pemeriksaan USG 2D dr. Nurwansyah juga dinyatakan kalau bayi kami tumbuh normal dan sehat. Tapi namanya juga anak pertama jadi penasaran banget mau liat little bebe lebih jelas.

Alhamdulillah dari screening dr. Febri dijelaskan satu per satu organ dan ukurannya sesuai dengan grafik pertumbuhan normal. Bahkan little bebe cenderung lebih besar, beratnya sudah hampir 1,5 kilogram. Sayangnya posisi dia lagi menghadap ke belakang jadi agak susah untuk melihat mukanya. Padahal udah seminggu sebelumnya aku ajak janjian kalau ayah ibunya mau lihat mukanya dia. Kayanya dia emang mau bikin kita penasaran deh. Kalau lihat sekilas sih kayanya hidungnya mirip ayahnya 🙂

img_6940

Oh biru

Detak jantungmu membawa aku berlayar tengah samudera cintamu,

sesatku dalam kasihmu

Dia mengalir dalam darahku

Dia setengah dari jiwaku

Dia bayangan atas nyawaku

 Biru//Anda

Nanti update-update lagi deh persiapan ketemuan sama si little bebe. xoxo.