Romeo & Juliet, Fantasy Overture.

Flashback awal September. Tiba-tiba mas Adit ngajakin nonton orkestra. Ceritanya dia abis nonton Addie MS konser di MetroTV. Browsing event nya kok kayaknya menarik yah. Langsung pesan 2 tiket nonton Jakarta Simfonia Orchestra tanggal 19 September 2015. Beli tiketnya via email atau tlpn ke box office, booking seat, pembayaran via transfer bank lalu konfirmasi pembayaran via email. Harganya bervariasi mulai dari IDR 100.000 sampai IDR 1 juta. Sayangnya karena kita mepet reservasinya, kursi bagian tengah yang kita pengen udah penuh. Jadinya kita beli tiket yg seharga IDR 300.000 untuk duduk di lower level deretan kanan paling depan. Yay excited mau nonton orkestra pertama kalinya!

Fast forward 19 September 2015. Kita sampai di Aula Simfonia Jakarta setengah jam sebelum konser dimulai. Ambil tiket dulu di box office, sempet beli minum lalu masuk ke ruangan konser. Meskipun gue excited banget, tapi sebenernya ekspektasinya biasa aja. Secara gue jarang banget dengerin musik klasik jadi siapa tau ternyata nanti nggak ngerti atau malah ketiduran. Tapi ternyata jeng .. jeng … gue terpesona banget nonton konser musik klasik. Ruangannya didekor ala Victorian jadi terkesan mewah dan elegan. Aula Simfonia nya nggak terlalu besar tapi juga nggak terlalu kecil, pas banget untuk menikmati live orkestra, Intinya sih berkelas. Sebelum masuk ruangan kita dibagi brosur yang isinya rundown performance orkestra, sinopsis musik yang akan dimainkan, biografi singkat konduktor dan nama-nama pemain orkestra. Huwoo keren cing!

IMG_1704

IMG_1711

IMG_1710

Ohh ternyata memang kalau music is the universal language of mandkind . Where words off, music begin. Padahal jarang banget dengerin lagu klasik, tapi pas nonton live bisa bikin imajinasi sendiri cerita dari musiknya. List musik yang dimainkan adalah karya-karya : Prokofiev – Piano Concerto No.3 in C Major & The Montagues & The Capulets, Tchaikovsky – Romeo & Juliet Fantasy Overture dan Grieg – Peer Gynt Suite No.2. Musiknya kaya cerita gimana keluarga Montagues dan Capulets musuhan, bahagianya Romeo dan Juliet yang jatuh cinta atau sedihnya mereka karena ditentang masing-masing keluarga. Paling favorite adalah part Romeo & Juliet, Fantasy Overture. Mungkin karena udah familiar dengan kisah Romeo & Juliet jadi lebih gampang ngerti cerita musiknya.

Beberapa highlight yang harus diperhatikan waktu nonton okestra adalah :

  1. Dresscode. Nggak usah terlalu heboh tapi juga jangan terlalu santai, lebih baik casual dan sopan.
  2. Datang minimal 30 menit sebelum konser dimulai. Jadi cukup waktu untuk nuker tiket, ke toilet, makan atau minum. Karena begitu masuk ke ruangan kita nggak bisa gampang keluar masuk apalagi makan dan minum kaya nonton bioskop.
  3. Menikmati konser dengan tenang. Sebaiknya jangan ngobrol, berisik, atau foto-foto yang bisa mengganggu konsentrasi pemain atau penonton lain karena desain ruangan konser sudah dibuat untuk memantulkan suara dengan sempurna.
  4. Jeda waktu 15 menit setelah 45 menit konser bisa dimanfaatkan untuk ke toilet, sholat atau minum di luar ruangan konser.
  5. Tepuk tangan biasanya dilakukan hanya setelah satu komposisi lagu dimainkan. Sedangkan standing ovation dilakukan di akhir konser.

Sekali-kali nonton orkestra musik klasik is totally recommended. It’s a new experience of eargasm!